MATA PELAJARAN : BAHASA SUNDA | ||||||||||
KELAS/ SEMESTER : VII / 2 | ||||||||||
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Kriteria Penetapan Ketuntasan/Mastery Learning Criteria | KKM Indikator/ Indicator MLC | KKM SK/KD ( SC/BC MLC) | KKM MAPEL | ||||
Tingkat Kesukaran/ Kompleksitas/Complexity | Daya dukung/ Facilities | Intake | ||||||||
1 | 7.3.5 | Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis DONGENG sesuai dengan kaidah-kaidahnya | 7.3.5.1 | Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur dongeng sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 78 | 80 | 78 | 79 | 78 | 78 |
7.3.5.2 | Siswa dapat memahami unsur-unsur dongeng sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 80 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.3.5.3 | Siswa dapat memahami isi cerita yang terkandung dalam dongeng. Siswa dapat menemukan tema dalam dongeng yang dibacanya. | 78 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.3.5.4 | Siswa dapat menentukan alur dari dongéng yag dibacanya. | 75 | 80 | 75 | 77 | |||||
7.3.5.5 | Siswa dapat menganalisis karakter tokoh berdasarkan perannya dalam dongeng. | 77 | 80 | 75 | 77 | |||||
7.3.5.6 | Siswa dapat menunjukkan unsur pamohalan dalam sebuah dongeng. | 75 | 80 | 75 | 77 | |||||
7.3.5.7 | Siswa dapat menunjukkan latar dari dongeng yang dibacanya. | 80 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.5.3.8 | Siswa dapat menemukan amanat dari sebuah dongeng yang dibacanya. | 80 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.4.5 | Menafsirkan,menanggapi, dan menyajikan isi serta nilai-nilai yang terkandung dalam DONGENG sesuai dengan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan. | 7.4.5.1 | Siswa dapat menafsirkan isi dongeng yang dibaca sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 78 | 80 | 75 | 78 | 78 | ||
7.4.5.2 | Siswa dapat menanggapi isi dongeng sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 78 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.4.5.3 | Siswa dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam dongeng sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 78 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.4.5.4 | Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng ditayangkan/dibacanya. | 76 | 80 | 75 | 77 | |||||
2 | 7.3.6 | Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis SAJAK sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 7.3.6.1 | Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur karangan sajak sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 76 | 80 | 75 | 77 | 78 | |
7.3.6.2 | Siswa dapat menjelaskan makna konotatif dalam sajak yang dibacanya. | 76 | 80 | 75 | 77 | |||||
7.3.6.3 | Siswa dapat menganalisis gaya bahasa dalam sajak yang dibacanya. | 80 | 78 | 75 | 78 | |||||
7.3.6.4 | Siswa dapat menjelaskan tema sajak yang dibacanya. | 80 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.3.6.5 | Siswa dapat dapat memaparkan nada sajak yang dibacanya. | 78 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.3.6.6 | Siswa dapat menemukan suasana dalam sajak yang dibacanya. | 80 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.3.6.7 | Siswa dapat menemukan amanat dalam sajak yang dibacanya. | 80 | 80 | 76 | 79 | |||||
7.4.6 | Menafsirkan,menanggapi, dan mengekspresikan SAJAK sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 7.4.6.1 | Siswa dapat menafsirkan isi sajak sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 78 | 80 | 75 | 78 | 78 | ||
7.4.6.2 | Siswa dapat menanggapi isi sajak sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 80 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.4.6.3 | Siswa dapat mengekspresikan karangan sajak sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 80 | 80 | 76 | 79 | |||||
3 | 7.3.7 | Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis PUPUJIAN sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 7.3.7.1 | Siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk karangan pupujian sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 78 | 80 | 75 | 78 | 79 | |
7.3.7.2 | Siswa dapat memahami isi dalam pupujian yang dibaca/dinyanyikannya. | 80 | 80 | 75 | 78 | |||||
7.3.7.3 | Siswa dapat menganalisis makna kalimah dalam pupujian yang dibaca/dinyanyikannya. | 80 | 80 | 76 | 79 | |||||
7.3.7.4 | Siswa dapat menemukan purwakanti dalam teks pupujian. | 81 | 80 | 76 | 79 | |||||
7.3.7.5 | Siswa dapat menemukan tema pupujian yang dibaca/dinyanyikannya. | 82 | 80 | 77 | 80 | |||||
7.3.7.6 | Siswa dapat membandingkan pupujian dengan sair dalam hal bentuk karangannya. | 83 | 80 | 77 | 80 | |||||
7.3.7.7 | Siswa dapat menemukan amanat dalam pupujian yang dibaca/dinyanyikannya. | 84 | 80 | 78 | 81 | |||||
7.4.7 | Menafsirkan,menanggapi, dan mengekspresikan PUPUJIAN sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 7.4.7.1 | Siswa dapat menafsirkan isi pupujian sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 78 | 80 | 77 | 78 | 79 | ||
7.4.7.2 | Siswa dapat menanggapi isi pupujian sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 79 | 80 | 77 | 79 | |||||
7.4.7.3 | Siswa dapat mengekspresikan karangan pupujian sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 80 | 80 | 78 | 79 | |||||
4 | 7.3.8 | Mengidentifikasi dan menganalisiskalimat yang menggunakan AKSARA SUNDA sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 7.3.8.1 | Siswa dapat mengidentifikasi aksara ngalagena, aksara swara, dan rarangkén. | 78 | 80 | 77 | 78 | 78 | |
7.3.8.2 | Siswa dapat menuliskan aksara Sunda secara sederhana dengan baik dan benar. | 78 | 80 | 77 | 78 | |||||
7.3.8.3 | Siswa dapat menganalisis kalimat yang menggunakan aksara Sunda | 78 | 80 | 78 | 79 | |||||
7.4.8 | Menulis kalimat yang menggunakan AKSARA SUNDA dengan baik dan benar. | 7.4.8.1 | Siswa dapat menulis kalimah sederhana menggunakan Aksara Sunda dengan baik dan benar. | 76 | 80 | 75 | 77 | 78 | ||
7.4.8.2 | Siswa dapat menulis kalimah komplek menggunakan Aksara Sunda dengan baik dan benar. | 78 | 80 | 78 | 79 |
x
Tidak ada komentar:
Posting Komentar